Tawarkan transparansi bagi pengguna, Honest Card hadirkan fitur notifikasi real-time

- 28 Maret 2024 - 11:00

PT Honest Financial Technologies (Honest Card) melalui Honest App, menghadirkan fitur notifikasi real-time yang dapat digunakan untuk mengelola keuangan konsumen secara pribadi.

Presiden Direktur PT Honest Financial Technologies Dharu Estiningrum mengatakan, fitur terbaru ini dikeluarkan untuk menyikapi survei Trade Desk yang menunjukkan bahwa 32% masyarakat Indonesia berencana mengalokasikan anggaran belanja lebih besar di bulan ramadan 2024 jika dibandingkan dengan tahun 2023. “Fitur tersebut pun diharapkan bisa mengontrol keuangan dan belanja konsumen. Bulan ramadan merupakan momen untuk meningkatkan kemampuan mengendalikan diri dan pengingat untuk tetap konsisten menjalani kehidupan dengan bijaksana. Hal ini termasuk di dalamnya terkait pengelolaan keuangan secara pribadi agar tetap aman di tengah antusiasme berbelanja Ramadan dan mudik Lebaran,” katanya pekan ini.

Menurut dia, Honest Card berkomitmen untuk menjadi kartu kredit yang menawarkan transparansi melalui fitur notifikasi real-time untuk setiap transaksi.

“Hal ini tentunya akan mempermudah pengguna untuk menyeimbangkan kondisi keuangan sembari mengontrol pengeluaran sesuai kebutuhan,” katanya.

PT Honest Financial Technologies adalah perusahaan keuangan dan bagian dari sektor pembiayaan (multifinance) yang berizin dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan dan Bank Indonesia.

Sebagai perusahaan pembiayaan, Honest berkomitmen untuk selalu meningkatkan literasi keuangan masyarakat, senantiasa melakukan edukasi, baik melalui fitur yang ada di Honest App maupun media sosial resmi yang dimiliki.

Melalui upaya tersebut, Honest berharap dapat membantu masyarakat dalam mengambil keputusan keuangan yang lebih cerdas, melakukan pengelolaan keuangan secara bijak, dan mencapai tujuan keuangan setiap individu dengan lebih percaya diri.

Lebih lanjut dia mengatakan, penting bagi Honest untuk turut mendorong inklusi keuangan dengan menyediakan akses masyarakat terhadap fasilitas keuangan dan adanya kesadaran dari konsumen pengguna terhadap kondisi keuangannya.

”Tingkat belanja yang tinggi di bulan Ramadan juga perlu disertai dengan kontrol keuangan yang baik. Salah satunya dengan mengetahui secara detail pengeluaran yang kita lakukan per hari,” tuturnya.

Dengan memantau notifikasi transaksi secara real-time, pengguna Honest Card bisa memperkirakan besarnya pengeluaran harian dan melakukan evaluasi pengeluaran secara berkala. Hal ini juga perlu diiringi perencanaan anggaran yang memadai dan disiplin keuangan dengan tidak berbelanja melebihi anggaran yang telah ditetapkan.

Sementara itu, Honest Card memiliki sejumlah keunggulan yang dapat mendukung konsumen dalam mengelola keuangan, seperti tidak adanya nomor kartu (numberless) maupun data sensitif pada kartu fisik.

Transaksi yang fleksibel secara online maupun offline secara otomatis akan langsung tercatat di Honest App serta fitur pengunci kartu secara mandiri (instant lock) pada aplikasi.

“Perlu diingat bahwa kartu kredit adalah alat pembayaran, selain fungsinya sebagai fasilitas kredit. Pemegang Honest Card pun dapat mengatur keuangannya dengan selalu membayar tepat waktu,” jelas Daru.

Untuk pengguna yang hanya ingin menggunakannya sebagai alat kontrol, lanjut dia, sangat dianjurkan untuk melakukan pembayaran atas seluruh jumlah penggunaan. Karena itu, penting bagi pengguna untuk memanfaatkan kartu kredit secara bijak. ■

Comments are closed.