Dorong inklusi keuangan, Citi Indonesia tambah fasilitas pembiayaan sosial ke PNM

- 1 November 2023 - 16:13

CITIBANK, N.A., INDONESIA (Citi Indonesia) menambah fasilitas pembiayaan sosial bersama PT Permodalan Nasional Madani (PNM) senilai US$ 41,3 juta atau sekira Rp650 miliar.

CEO Citi Indonesia Batara Sianturi mengatakan fasilitas ini sebagai wujud komitmen perusahaan dalam mendorong inklusi keuangan. Hal itu juga sekaligus menandai peningkatan yang signifikan dari fasilitas pinjaman awal sebesar Rp150 Miliar yang diberikan oleh Citi Indonesia kepada PNM, Maret 2023 lalu.

“Pemberian fasilitas pinjaman ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap tujuan pendanaan sosial Citi, termasuk memperluas akses terhadap kebutuhan dasar bagi 15 juta rumah tangga berpenghasilan rendah di seluruh dunia, termasuk di antaranya 10 juta perempuan pada tahun 2025,” ujarnya, Selasa (31/10).

Baca juga: Citibank sukses lakukan Citi Social Finance

Menurut dia, Citi Indonesia bangga dapat memperkuat kerja sama dengan PNM melalui pemberian fasilitas pinjaman sosial tersebut. Misi Citi adalah untuk berkontribusi pada pertumbuhan dan kemajuan ekonomi di komunitas dimana grup beroperasi.

“Fasilitas ini akan berpengaruh pada lebih dari 200 ribu pengusaha mikro di Indonesia yang sebagian besar adalah perempuan dan mereka masing-masing berperan penting dalam mendukung keluarga dan komunitas mereka,” kata Batara.

PNM, anak usaha PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), dinilai telah menjadi garda terdepan dalam mendorong pemberdayaan ekonomi dan aksesibilitas keuangan bagi lebih dari 15 juta rumah tangga di seluruh Indonesia, dengan fokus utama pada pemberdayaan perempuan.

Dengan portfolio pinjaman yang kuat sebesar Rp 41,4 triliun atau sekitar US$ 2,6 miliar, PNM telah memainkan peran vital dalam memfasilitasi pertumbuhan ekonomi dan stabilitas bagi bisnis mikro dan kecil di Indonesia.

Baca juga: Citi Indonesia dukung beleid bursa karbon untuk perbankan, ini rinciannya…

“Kolaborasi bersejarah antara Citi Indonesia dan PNM ini memiliki beragam implikasi strategis. Selain memperdalam hubungan antara Citi Indonesia dan PNM, juga memperkuat lanskap keuangan bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM),” kata Direktur Perencanaan Strategis dan Keuangan PNM Ninis Kesuma Adriani.

Adapun pada 2021, Citi mengumumkan komitmen global sebesar US$ 1 triliun untuk keuangan berkelanjutan pada tahun 2030, yang mana sejak tahun 2020 hingga 2022 telah mendanai dan memfasilitasi keuangan berkelanjutan sebesar US$348,5 miliar secara global.

Citi telah memfasilitasi berbagai transaksi penting di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, untuk mendukung percepatan pembangunan ekonomi berkelanjutan yang inklusif. Transaksi ini mendukung kriteria sosial Citi dalam hal inklusi ekonomi, yaitu dalam meningkatkan akses ke kredit dan layanan keuangan bagi komunitas rentan atau kurang terlayani, termasuk pembiayaan UMKM, serta kriteria keberagaman dan kesetaraan yang berfokus pada perempuan. ■

Comments are closed.