Kim Eungchul resmi jadi nakhoda baru Bank Woori Saudara

- 5 Juli 2024 - 14:57

PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk. (SDRA) atau BWS mengumumkan telah mengangkat pimpinan utama baru. Bank milik Woori Bank Korea itu telah menunjuk Kim Eungchul sebagai Presiden Direktur BWS per 29 Juni 2024.

Keputusan itu disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) BWS pada tanggal 7 Maret 2024 lalu. Eungchul juga telah memenuhi seluruh ketentuan dan mendapat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas penilaian kemampuan dan kepatutan (fit and proper test).

“Kim Eungchul telah efektif menjabat sebagai Presiden Direktur Perseroan terhitung sejak tanggal 29 Juni 2024,” ujar Direktur BWS Edwin Sulaeman dalam keterbukaan informasi yang dikutip Jumat (5/7).

Eungchul menggantikan posisi yang sebelumnya diduduki oleh Hwang Gyusoon yang mengundurkan diri dari jabatannya pada 12 Desember 2023 lalu.

Mengutip CV yang diunggah BWS dalam situsnya, Eunghchul lahir di Seoul, Korea Selatan pada 13 Juli 1966. Ia memiliki latar pendidikan di Universitas Hanyang Korea Selatan, dengan gelar sarjana hukum.

Sarjana Hukum dari Universitas Hanyang, Korea Selatan ini memang telah berkarir lama di Woori Bank. Ia memulai karirnya sebagai clerk di cabang Samilro pada tahun 1991. Jabatannya terus naik, hingga kemudian ia sempat menjadi Deputy General Manager di cabang Los Angeles, Amerika Serikat.

Tidak berhenti sampai di situ, lelaki kelahiran 1966 ini terakhir menjadi Chief Executive Officer (CEO) di Woori Investment Bank pada 2023. ■

Comments are closed.