PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mencatatkan transaksi digital banking yang melampaui angka Rp28.000 triliun sepanjang 2024, dengan pertumbuhan signifikan sebesar 14% dibandingkan tahun sebelumnya. Jumlah transaksi yang meningkat drastis ini didorong oleh penggunaan mobile banking dan internet banking yang semakin tinggi. Selain itu, BCA juga melaporkan kenaikan pendapatan selain bunga dan perkembangan positif jumlah […]
Transaksi tembus Rp22.700 triliun, Kopra jadi backbone layanan digital wholesale Bank Mandiri
Bank Mandiri mencatat lonjakan transaksi digital melalui Kopra by Mandiri, yang mencapai Rp22.700 triliun sepanjang 2024, tumbuh 17% dibanding tahun sebelumnya. Dengan frekuensi transaksi mencapai 1,3 miliar kali (naik 21%), platform ini semakin mengukuhkan posisinya sebagai tulang punggung (backbone) layanan perbankan wholesale Mandiri. Tak hanya melayani korporasi dan BUMN, Kopra juga mendorong inklusi keuangan bagi […]
Inovasi digital Bank Mandiri dorong pertumbuhan laba dan kepuasan nasabah
Bank Mandiri mencatat peningkatan signifikan dalam layanan digitalnya sepanjang tahun 2024, dengan aplikasi Livin’ by Mandiri dan Kopra by Mandiri menjadi motor penggerak transformasi perbankan digital di Indonesia. Poin utama: Di tengah era digital yang terus berkembang, Bank Mandiri menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan layanan perbankan melalui inovasi digital. Aplikasi Livin’ by Mandiri dan platform Kopra […]
Flip Globe perluas jangkauan, remitansi kini tersedia di 60 negara
Flip, perusahaan fintech Indonesia, memperluas layanan remitansi internasionalnya, Flip Globe, ke 60 negara. Ekspansi ini didorong oleh peningkatan kebutuhan pengiriman uang lintas negara, dengan jaminan uang sampai tepat waktu dan biaya transfer yang lebih kompetitif. Sejak 2020, Flip Globe telah berkembang pesat, mencatat pertumbuhan transaksi hingga tiga kali lipat dalam dua tahun terakhir. Poin utama: […]
BNI ajak nasabah prioritas dan mitra bisnis maksimalkan peluang di Tahun Ular Kayu
BNI menggelar Customer Gathering Imlek 2025 sebagai ajang silaturahmi dan penguatan kemitraan dengan nasabah prioritas serta mitra bisnis. Acara ini menjadi momentum bagi BNI untuk menegaskan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di tengah dinamika global, sekaligus memperkuat inovasi layanan perbankan untuk nasabah kelas atas. Poin utama: PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menggelar Customer […]
OJK berlakukan regulasi baru tentang rahasia bank, sanksi denda Rp15 miliar menanti pelanggar
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memperkenalkan Peraturan OJK (POJK) Nomor 44 Tahun 2024 tentang Rahasia Bank, yang menggantikan regulasi lama yang telah berlaku selama dua dekade. Aturan baru ini membawa penyesuaian signifikan, terutama dalam definisi Rahasia Bank dan pengecualian untuk mengungkap informasi nasabah. Selain itu, POJK ini memberikan kewenangan bagi OJK untuk memberikan izin pembukaan informasi […]
OJK terbitkan POJK baru untuk fintech lending, perlindungan lender makin maksimal
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merilis Peraturan OJK (POJK) Nomor 40 Tahun 2024, yang berfokus pada pengaturan fintech peer-to-peer (P2P) lending. Tujuannya adalah memberikan perlindungan maksimal bagi pemberi dana (lender) dengan berbagai ketentuan yang mendukung transparansi dan pengelolaan risiko. POJK ini mencakup pengaturan tentang penilaian kredit, rapat umum pemberi dana, serta kewajiban penyelenggara untuk memberikan informasi […]
Pacu digitalisasi, Nobu Bank mulai implementasikan QRIS Tap berbasis NFC
Nobu Bank resmi mengimplementasikan QRIS Tap setelah sukses diuji coba oleh Bank Indonesia (BI) dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI). Teknologi berbasis NFC ini memungkinkan transaksi digital tanpa kontak di berbagai sektor, mulai dari perparkiran hingga retail. Langkah ini diharapkan mempercepat adopsi pembayaran digital dan mengurangi ketergantungan pada uang tunai. Poin utama: Pembayaran digital di […]
Kolaborasi dengan X, Visa luncurkan X Money dengan fitur pembayaran lebih cepat
Visa meluncurkan X Money, sebuah platform pembayaran baru yang bekerja sama dengan X, media sosial milik Elon Musk. Dengan tujuan menyaingi Venmo, X Money memungkinkan lebih dari 600 juta pengguna aktif X untuk mengisi saldo mereka dan memungkinkan pembayarannya lebih cepat. Ini juga didorong oleh tren peningkatan penggunaan teknologi canggih, termasuk kecerdasan buatan (AI) dan […]