Potensi sektor digital di Indonesia masih sangat menjanjikan

- 4 Desember 2023 - 00:56

GERAKAN Nasional 1.000 Startup Digital adalah upaya bahu membahu penggerak ekosistem startup digital Indonesia untuk saling terkoneksi, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman. Diinisiasi sejak 2016, gerakan ini diharapkan mendorong terciptanya mencetak startup yang menjadi solusi atas masalah dengan memanfaatkan teknologi digital.

Wakil Menteri Kominfo Nezar Patria mengatakan, saat ini pengguna internet di Indonesia telah mencapai 212 juta orang dengan tingkat penetrasi internet sebesar 78%. Indeks Daya Saing Digital Indonesia pun mengalami kenaikan yang konstan selama tiga tahun terakhir.

“Artinya, potensi sektor digital di Indonesia masih sangat menjanjikan. Di masa yang serba modern ini kita tidak akan terlepas yang namanya sistem digital. Untuk itu, saya berterima kasih kepada para mitra penggerak dan seluruh anggota ekosistem digital Tanah Air atas dukungan kepada gerakan ini,” ujarnya pada acara CATCH UP Impact Interact Night yang dihelat di Mbloc, Jakarta, Senin (4/12).

Baca juga: Bibit kolaborasi dengan Jago, pengalaman investasi syariah jadi makin mudah, praktis dan seamless

Menyikapi hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan oleh OJK pada 2022, di mana tingkat inklusi keuangan masyarakat Indonesia telah mencapai 85,1%, sementara masih terdapat gap yang cukup besar dalam tingkat literasi keuangan yang baru menyentuh angka 49,68%, dia bilang bahwa peran startup digital sangat besar dalam meningkatkan literasi keuangan digital.

Sementara itu PR & Corporate Communication Bibit, William, mengatakan tahun ini Bibit secara aktif terlibat sebagai mitra penggerak bagi Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital yang dicanangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Partisipasi Bibit dalam program tersebut diwujudkan lewat dukungan materi dan pembicara untuk berbagai program literasi investasi digital, serta pengembangan startup lokal di berbagai kota di Indonesia, seperti Malang, Pontianak, Singkawang, Jambi, Pasuruan, dan Solo.

Baca juga: Bibit bukukan penjualan dengan angka terbesar untuk SBSN ritel seri SR017

Menurut dia, upaya Bibit untuk menyapa langsung masyarakat dan melaksanakan berbagai sesi edukasi berbasis komunitas, baik dalam program Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital ataupun program lainnya, sangatlah bermanfaat.

Bibit sangat mengapresiasi kolaborasi yang erat dengan Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital. Menurut dia, kolaborasi ini telah menjangkau ribuan peserta pada 2023 dan diharapkan pada 2024 dapat terus meningkat. “Hal ini sejalan dengan misi kami di Bibit untuk terus menghadirkan layanan yang aman, nyaman, dan inklusif bagi jutaan pengguna kami di lebih dari 500 kota di Indonesia,” demikian William. ■

Comments are closed.