Accacia incar pasar dekarbonisasi properti, nilainya US$18 triliun

- 20 Mei 2024 - 10:44

Sektor properti merupakan penyumbang utama emisi karbon global, menyumbang hampir 40% dari total emisi gas rumah kaca di dunia. Dengan semakin banyaknya kekhawatiran tentang lingkungan dan target iklim yang ketat dari perjanjian internasional dan kebijakan pemerintah, industri ini menghadapi tekanan luar biasa untuk mengalami perubahan transformatif. Accacia hadir untuk menjawab kebutuhan mendesak ini dengan solusi yang berkelanjutan.

Startup ini memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan Software as a Service (SaaS) untuk merevolusi dekarbonisasi properti global. Perusahaan ini baru saja mendapatkan pendanaan dari sederet investor terkemuka, seperti perusahaan modal ventura ternama yang banyak membiayai perusahaan inovatif di Indonesia, AC Ventures.

Tren keberlanjutan dalam sektor properti semakin terlihat, dipicu oleh kebutuhan mendesak untuk membatasi pemanasan global pada 1,5°C di atas level pra-industri pada tahun 2050. Dorongan ini didorong oleh harga karbon yang lebih tinggi dan standar bangunan yang lebih ketat, mendorong investor untuk cenderung pada aset yang berkelanjutan.

Ini menandai perubahan mendasar dalam preferensi pasar, di mana properti hijau semakin diminati daripada yang konvensional. Pergeseran ini tidak hanya menandakan kepatuhan, tetapi juga mencerminkan evolusi yang signifikan dalam sentimen pasar, dengan investor semakin memilih properti yang lebih hijau dan hemat energi.

“Risiko iklim menjadi metrik yang harus dimiliki oleh para investor. Meskipun properti merupakan salah satu penyumbang terbesar emisi gas rumah kaca, sektor ini juga sangat sulit untuk didekarbonisasi mengingat kompleksitas emisi rantai nilai – dari konstruksi hingga operasi – dan beragamnya penggunaan aset. Mengingat minat kami yang mendalam terhadap iklim, kami yakin bahwa sektor ini membutuhkan solusi khusus yang dirancang sesuai dengan kompleksitas sektor property,” ungkap Helen Wong, Managing Partner, AC Ventures.

Dia mengungkapkan hal itu dalam siaran pers yang diterima Senin (20/5).

Dekarbonisasi sektor properti merupakan salah satu peluang terbesar saat ini, dengan kebutuhan investasi sebesar US$18 triliun dalam dekade mendatang untuk mencapai emisi nol bersih.

Annu Talreja, co-founder and CEO of Accacia, menyadari kebutuhan mendesak dan peluang besar untuk dekarbonisasi di industri properti global. Perusahaan ini didirikan untuk menjawab kebutuhan tersebut dengan mengintegrasikan sistem yang sudah ada dan menyediakan solusi komprehensif untuk melacak dan mengurangi emisi.

Ketika ditanya mengapa alat seperti Accacia dibutuhkan secara global, Annu menjelaskan bahwa sektor properti pada dasarnya adalah bisnis yang kompleks dengan banyak bagian yang bergerak. Oleh karena itu, sektor ini sudah membutuhkan banyak alat ERP khusus dan solusi SaaS.

Dengan mengintegrasikan sistem yang sudah digunakan oleh pemilik properti terbesar di dunia, Accacia membantu melakukan berbagai hal penting. Ini termasuk mengukur emisi Scope 1, 2, dan 3 dari operasi aset, menilai dan meningkatkan desain bangunan untuk mengurangi karbon yang terkandung, menghitung emisi yang dibiayai untuk portofolio investasi, menetapkan target nol bersih, melacak perjalanan dekarbonisasi, dan banyak lagi.

Annu menjelaskan, pasar perangkat lunak akuntansi karbon global saat ini diperkirakan bernilai US$15 miliar dan diperkirakan akan tumbuh menjadi US$50 miliar dalam beberapa tahun.

Sementara itu, pasar bangunan hijau di wilayah berkembang bernilai sekitar US$25 triliun. Di negara maju, pasar untuk renovasi (peningkatan bangunan yang ada untuk efisiensi energi dan dekarbonisasi yang lebih baik) berkisar antara US$18 triliun hingga US$20 triliun.

“Pada intinya, produk kami adalah platform pelacakan emisi karbon. Namun, ini melampaui sekadar pelacakan untuk memfasilitasi dekarbonisasi yang nyata. Dengan melakukan ini, kami juga membuka pintu ke pasar yang luas untuk solusi renovasi, teknologi canggih, dan material inovatif dalam industri properti,” jelas Annu.

Tim pendiri perusahaan ini termasuk Jagmohan Gaarg, yang sebelumnya bekerja dengan Annu di Oxfordcaps, sebuah bisnis perumahan mahasiswa berbasis teknologi yang dibangunnya dan dikembangkan hingga mencapai pendapatan tahunan berulang sebesar US$20 juta.

Jagmohan adalah salah satu dari para pemimpin di Accacia. Co-founder dan CTO Accacia, Piyush Chitkara, adalah konsultan teknis untuk Oxfordcaps. Sekarang, ia membawa pengalaman senior dari perusahaan teknologi besar seperti Cisco, Rakuten Mobile, dan lainnya.

Accacia diluncurkan pada 2022 dan menghabiskan sebagian besar tahun itu untuk bereksperimen dalam mencari kesesuaian produk dengan pasar. Setelah penelitian dan pengembangan produk, startup ini mengumpulkan putaran modal pertamanya pada bulan Desember tahun itu. Pada bulan Januari berikutnya, tim mulai menambahkan klien berbayar pertamanya ke platform.

Menyoroti beberapa pelanggan awal yang besar, Annu mengatakan, “Dalam waktu satu tahun pertama, kami berhasil menandatangani beberapa klien perusahaan besar, termasuk Hines, yang memiliki sekitar US$100 miliar dalam AUM. Ini adalah salah satu manajer aset properti teratas secara global. Kami juga menandatangani JSW Group yang memiliki lebih dari US$20 miliar dalam AUM dan merupakan salah satu konglomerat terbesar berbasis di India. Sebagai perusahaan multinasional, mereka bergerak di semua sektor inti, termasuk semen, baja, infrastruktur, dan lainnya.”

Selain penjualan, perusahaan juga telah mencapai tonggak sejarah yang mencolok yang menegaskan pengaruh dan keberhasilannya yang semakin meningkat. Di antara ini, memperoleh akreditasi Global Real Estate Sustainability Benchmark (GRESB) menunjukkan prestasi yang signifikan.

Annu menjelaskan, “GRESB adalah platform pelaporan ESG terbesar untuk semua perusahaan properti besar. Secara global, mereka melaporkan melalui GRESB dan mengandalkan peringkatnya untuk peringkat ESG mereka. Kami menjadi perusahaan produk pertama dari Asia yang mendapatkannya.”

Ketika ditanya tentang strategi pemasaran Accacia, Annu mengatakan bahwa di Asia Tenggara, salah satu strategi utama adalah tidak hanya melihat aset bangunan lokal tetapi juga menargetkan manajer aset lokal, banyak di antaranya memiliki aset properti secara global.

Dia mengatakan, “Khususnya ketika membicarakan lokasi di Asia seperti Singapura, Dubai, atau Abu Dhabi, kami memiliki beberapa manajer aset besar seperti Temasek GIC, CapitaLand, Keppel, Adia, dan lainnya. Ada beberapa manajer aset global yang besar di sini, dan hal ini menjadi alasan mengapa Singapura adalah pasar yang sangat penting bagi kami.”

Annu menyoroti perubahan dalam praktik regulasi di seluruh dunia dengan menyebutkan bagaimana pemerintah Singapura baru-baru ini memperluas regulasinya. Aturan yang diperbarui ini sekarang memerintahkan bahwa industri yang sebelumnya dianggap tidak penting, seperti sektor properti, sekarang harus melaporkan emisi langsung dan tidak langsung mereka.

“Selain itu, kita melihat banyak perkembangan, terutama di wilayah yang lebih maju di Asia, seperti Singapura, Jepang, dan Korea, yang melihat peningkatan harga sewa sebesar 10% hingga 25% di bangunan hijau dibandingkan dengan bangunan non-hijau. Jadi secara keseluruhan, baik lanskap regulasi yang berkembang dengan cepat maupun permintaan dari perspektif klien properti telah sangat memberikan dorongan bagi kami.”

Baru-baru ini, Accacia menutup putaran pendanaan pra-seri A sebesar US$6,5 juta yang dipimpin oleh Illuminate Financial, dengan partisipasi dari AC Ventures, menandakan kepercayaan investor terhadap misi dan kemampuan perusahaan. Pendanaan ini datang pada saat yang krusial karena badan regulasi di seluruh dunia semakin memperkuat fokus mereka pada pelaporan emisi karbon, menyoroti kebutuhan mendesak akan solusi inovatif Accacia.

Ke depan, Accacia bertujuan untuk mengembangkan lebih lanjut mesin perencanaan dekarbonisasinya untuk memberikan solusi yang disesuaikan kepada klien untuk mengoptimalkan konsumsi energi dan mengurangi emisi karbon. Dengan rencana untuk memperluas ke Amerika Utara dan menjalin kemitraan strategis dengan klien-klien besar, Accacia siap untuk memimpin dalam mendorong praktik-praktik berkelanjutan di seluruh industri properti. ■

Comments are closed.