Bank Mandiri jajal layanan BNPL, ini alasannya…

- 6 November 2023 - 20:43

KABAR gembira untuk nasabah penggemar paylater, karena PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) bakal meluncurkan produk beli sekarang bayar nanti alias paylater bernama Livin’ Paylater, demi melengkapi gaya hidup di masyarakat.

Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi menyampaikan bahwa produk paylater dihadirkan untuk melengkapi super apps Livin’ by Mandiri yang telah ditawarkan oleh perusahaan.

“Kedua, paylater itu sudah menjadi tren di dalam lifestyle. Jadi kami menyesuaikan ekspektasi dari masyarakat, terutama nasabah,” ujarnya di acara The 4th Indonesia Human Capital Summit 2023, di Jakarta, Senin (6/11).

Darmawan menjelaskan, hadirnya produk Livin’ Paylater ini nantinya akan memenuhi kebutuhan gaya hidup nasabah Bank Mandiri.

Baca Juga: Bank Mandiri miliki portofolio tertinggi untuk kredit hijau

“Secara risk management juga ada scoring model dari relationship akun yang sudah terjalin selama yang bersangkutan sudah mempunyai akun di Bank Mandiri dan menggunakan Livin’,” jelasnya.

Darmawan mengungkapkan, produk paylater ini punya bisnis model layaknya kartu kredit (credit card/CC) dalam mendukung mobilisasi dan kebutuhan masyarakat dalam melakukan spending. Dia bilang, paylater ini bisa memberikan manfaat pinjaman dalam waktu singkat.

“Target besarannya tetap di consumer segment. Tapi secara produk kami tak menargetkan angka tertentu. Tapi ini melengkapi bagaimana Livin’ bisa mendukung lifestyle masyarakat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Darmawan menambahkan porsi kredit paylater tidak mengambil porsi kredit yang besar dari total penyaluran perusahaan.

“Ini hanya untuk ritel dan hanya mendukung mobilisasi sebetulnya. Jadi (porsinya) tak akan terlalu besar,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Direktur IT Bank Mandiri, Timothy Utama mengatakan, sebelumnya Bank Mandiri telah melakukan piloting terhadap layanan tersebut pada Agustus lalu. Di mana, hanya beberapa nasabah saja yang bisa menikmati layanan paylater ini.

Baca Juga: Bank Mandiri optimalkan layanan digital Livin’ by Mandiri agar akses pembiayaan dapat berkembang

Timothy berharap produk paylater nanti tidak hanya sebagai sumber dana pembayaran QRIS Livin. Tetapi, juga bisa sebagai sumber dana untuk pembayaran di e-commerce.

“Semoga ini menjadi nilai tambah setelah pembelajaran tadi,” katanya. ■

Comments are closed.