blu by BCA Digital luncurkan kartu debit fisik

- 12 Oktober 2023 - 19:41

UNTUK melengkapi layanan nasabahnya, PT Bank Digital BCA (blu) akan meluncurkan kartu debit fisiknya pada akhir bulan Oktober. Head of Card & Personal Loan Business BCA Digital, Rainer Sutedja mengatakan peluncuran kartu debit ini seiring dengan permintaan pasar. 

“Kami buat sesuai keinginan customer, nanti kartu debit ini secara bertahap untuk seluruh nasabah blu di seluruh wilayah Indonesia,” ujar Rainer dalam acara Media Gathering di Playfield Bowling & Cafe, Jakarta, Rabu (11/10).

Baca Juga: blu by BCA Digital gandeng McDonald’s semarakkan Harbolnas

Lebih lanjut Rainer menjelaskan nasabah blu seringkali berkomentar dalam unggahan di Instagram soal tidak adanya kartu fisik. Ada pula nasabah yang kebingungan bagaimana cara mereka tarik tunai. “Oleh karena itu, kartu debit fisik ini merupakan salah satu alternatif sekaligus menutup gap yang bisa dimanfaatkan oleh nasabah. Misalnya nanti nggak ada sinyal, kan bisa pakai kartu,” katanya. 

Pada kartu fisik tersebut, hanya akan tertulis nama dan nomor kartu. “Kenapa blu cuma nama dan nomor kartu? ini untuk security reason, biar aman,” katanya. Kalau sewaktu-waktu kartu fisik blu hilang, maka nasabah tidak perlu khawatir karena data di kartu fisik tersebut tidak mencantumkan detail informasi. 

Kalau ada kasus kartu hilang, nasabah blu bisa langsung membuka aplikasi blu dan memblokir kartu tersebut, “Nanti langsung diproses dan dibuatkan kartu baru,” ujar Rainer. 

Baca Juga: blu by BCA Digital gandeng Talenta Nusantara untuk berdayakan pendidikan vokasi

Dalam acara yang sama, Head of Marketing Communication BCA Digital, Duardi Prihandiko mengatakan kartu debit blu dapat digunakan di seluruh dunia. “Mau untuk naik MRT di Singapore, Kereta underground di UK, atau tarik ATM di Manchester, itu bisa. Nggak perlu ke money changer lagi,” ujarnya, seraya menegaskan bahwa Kartu Debit Card blu ini juga diproduksi dari plastik hasil daur ulang sampah.

Mengutip dari laman resminya, berikut ini merupakan kelebihan dari bluDebit Card:

– Transaksi offline: bisa dipakai untuk transaksi di ATM atau mesin EDC
– Transaksi online: bisa untuk situs/aplikasi yang memerlukan pembayaran online, untuk layanan online yang menerima pembayaran dengan kartu Mastercard, dan untuk belanja di platform toko online
– Tarik tunai dengan kartu di ATM BCA
– Transaksi contactless: bisa dipakai untuk pembayaran transportasi umum seperti MRT atau bus. ■