Reku proyeksi ada potensi kenaikan pasar kripto di kuartal IV 2023

- 14 Oktober 2023 - 10:01

REKU, platform pertukaran aset kripto yang berbasis di Indonesia, pekan ini mengumumkan laporan pasar kripto kuartal III-2023. Di dalam laporan tersebut disebutkan potensi kenaikan pasar kripto di kuartal akhir 2023.

Menurut Afid Sugiono, crypto analyst Reku, sejumlah faktor penggerak kenaikan ini adalah optimisme terhadap persetujuan Bitcoin spot ETF yang diajukan beberapa perusahaan investasi global seperti Blackrock dan Citadelle.

“Selain itu, pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) Bipartisan oleh Senat Amerika Serikat untuk mencegah kejahatan melalui kripto. Faktor pendorong lainnya yaknitingkat inflasi AS yang diproyeksikan turun sehingga dapat mendorong The Fed mempertahankan suku bunga,” ujarnya akhir pekan ini.

Baca juga: Reku: “Bitcoin berpotensi bearish menjelang to the moon”

Pada Laporan Kuartal III tersebut, Reku merekap analisa teknikal mengenai potensi bullish di Bitcoin dan sejumlah aset kripto lainnya pada Kuartal IV. Data candle Bitcoin di bulan September lalu menggambarkan posisi bullish full-body, yang mengindikasikan kenaikan di level US$30.700-US$32.800 atau setara hingga Rp513,7 juta (asumsi kurs Rp 15.661 per dolar AS).

Menurut dia, kondisi ini mendorong Bitcoin berada di area supply-zone sehingga ada kecenderungan momentum bullish akan berlanjut di Kuartal IV. Sementara Ethereum juga cenderung mengalami pola yang sama seperti Bitcoin. Candle bulanan Ethereum menunjukkan pola morning-star yang berarti pembalikan arah bearish ke bullish. Sehingga diproyeksikan Ethereum bisa mencapai level USD 2.000 atau setara 3,1 juta di Kuartal IV.

Baca juga: Reku kukuhkan posisinya sebagai market leader di ekosistem kripto

“Kuartal IV 2023 berpotensi menjadi titik balik kondisi sideways di kuartal sebelumnya dan memberikan peluang untuk mengoptimalkan aset. Selain bagi investor jangka pendek yang bisa memaksimalkan trading dan investor jangka panjang melalui holding dan staking, kondisi ini juga bisa menjadi peluang bagi investor pemula untuk memulai mendiversifikasi instrumen investasinya dengan menabung rutin di aset kripto. Dengan begitu, masyarakat tidak ketinggalan peluang positif di pasar kripto,” katanya. ■

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Redaksi digitalbank.id tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.