Sun Life tawarkan X-Tra Proteksi Retirement, asuransi yang pas untuk generasi sandwich

- 2 Oktober 2023 - 09:07

PT Sun Life Financial Indonesia dan PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menghadirkan X-Tra Proteksi Retirement, sebuah produk asuransi terbaru yang secara inovatif mengatasi tantangan finansial yang dihadapi generasi sandwich pascapensiun.

Danning Wikanti, chief distribution officer Sun Life Indonesia, dalam keterangan resminya pekan lalu mengungkapkan, generasi sandwich adalah generasi yang memiliki peran ganda dalam hal keuangan, karena harus membiayai tiga generasi sekaligus, yakni diri sendiri, orang tua, dan anak.

“Nah, kemungkinan besar menghadapi krisis selepas pensiun. X-Tra Proteksi Retirement adalah perwujudan nyata dari kemitraan strategis kami dengan CIMB Niaga. Produk ini mencerminkan komitmen kami untuk memberikan solusi finansial yang andal dan berkelanjutan bagi generasi sandwich,” ujarnya.

Baca juga: Bank Muamalat gandeng Mega Insurance luncurkan produk asuransi syariah

Menurut dia, produk ini memiliki beberapa keunggulan, yakni pensiun aman, yakni kombinasi perlindungan jiwa selama masa produktif dan pensiun dengan dilengkapi pembayaran manfaat hidup selama pensiun. Selanjutnya, pension Sejahtera, yang menjamin nilai tunai dengan total 252% lebih uang pertanggungan, dan dibayarkan selama masa pensiun. Terakhir, pension Bahagia berupa nilai tunai ekstra hingga 140% yang memberikan manfaat tambahan saat tertanggung mencapai usia 56-69 tahun.

Bila keunggulan X-Tra Proteksi Retirement tersebut disimulasikan pada nasabah pria berusia 30 tahun dengan premi Rp100 juta per tahun selama lima tahun, nasabah itu akan mendapatkan manfaat hidup yang dibayarkan pada usia 56 hingga 70 tahun sebesar 252% dari uang pertanggungan atau Rp921 juta. Selain itu, nasabah tersebut juga akan menerima manfaat nilai tunai ekstra beserta manfaat akhir pertanggungan yang tidak dijamin senilai Rp548,9 juta.

Simulasi ini mempertimbangkan beragam faktor, sehingga manfaat yang diterima bisa berbeda-beda pada setiap nasabah. Calon nasabah disarankan untuk berkonsultasi dengan insurance advisor untuk mempelajari simulasi tersebut.

Baca juga: Qoala ungkap ada 4 hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli produk asuransi kesehatan

Selama ini, banyak generasi sandwich terjebak dalam masalah finansial, menghadapi dinamika keuangan yang kerap dikategorisasikan sebagai situasi yang rumit. Terlebih, data menunjukkan, 90% masyarakat belum memiliki kesiapan finansial yang cukup untuk memasuki fase pensiun, yang menciptakan tantangan signifikan dalam merencanakan masa depan di usia lanjut.

Bahkan, 7 dari 10 pensiunan merasa perlu mencari pekerjaan tambahan guna menjaga stabilitas keuangan mereka setelah pensiun. Hal ini menggarisbawahi keterbatasan perlindungan finansial di masa-masa usia senja. Pandangan akan masa pensiun yang ideal memerlukan fondasi kuat dalam perencanaan finansial. Dengan perencanaan finansial yang matang, generasi tersebut mampu mencapai kemandirian finansial tanpa memberatkan anak-anak dan lingkungan sekitarnya, sehingga dapat menciptakan kedamaian dalam menghadapi fase usia lanjut yang bermakna dan layak.

Baca juga: Asuransi bukukan Premi sebesar Rp177,13 triliun, terkoreksi sebesar 2,34 persen!

Dengan perlindungan jiwa yang kuat dan manfaat investasi yang superior, dia menegaskan, produk ini memberikan jaminan finansial yang diperlukan oleh generasi sandwich untuk menghadapi masa pensiun dengan percaya diri dan tenang.

Ariteguh Arief, head of preferred, wealth and insurance business CIMB Niaga, menambahkan, komitmen CIMB Niaga terhadap konsumen tercermin dalam peluncuran X-Tra Proteksi Retirement. Melalui kerja sama ini, CIMB Niaga selalu berupaya memberikan yang terbaik kepada Nasabah dan masyarakat Indonesia melalui kualitas layanan, produk, teknologi, dan inovasi yang terus meningkat. ■

Ilustrasi: mommiesdaily.com