Industri kripto Indonesia bakal makin moncer

- 7 September 2023 - 13:26

INDUSTRI kripto Indonesia diperkirakan akan terus tumbuh. Hal ini sejalan dengan pembentukan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka (Bappebti) bursa kripto.

Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (Aspakrindo) sebelumnya menyambut hangat peluncuran Pengelola Bursa, Kliring, dan Penyimpanan Aset Kripto Indonesia.

Langkah tersebut menandai momen penting bagi calon Pedagang Aset Kripto Fisik (CPFAK) untuk mendapatkan status Pedagang Aset Kripto Fisik, kata Teguh Kurniawan Harmanda, Presiden Aspakrindo, baru-baru ini.

Saat ini terdapat puluhan pedagang kripto yang terdaftar di bursa kripto yang disetujui Bappebti di Indonesia. PT Aset Kripto Internasional (NVX) adalah salah satunya.

Pendiri dan CEO NVX Johnny Lucian Cayadie mengatakan, platform NVX dirancang untuk memberdayakan individu, bisnis, dan institusi untuk menavigasi aset digital. “NVX merupakan langkah penting menuju demokratisasi akses ke ekonomi digital,” kata dia dalam keterangan resminya, Rabu (6/9).

Baca Juga: Menunggu alih kewenangan dari Bappebti, OJK susun masterplan aturan dan pengawasan aset kripto

Jonny bilang, NVX diatur untuk mendefinisikan ulang cara bertransaksi, berinvestasi, dan berinteraksi dengan aset kripto sebagai berkomitmen untuk mendorong adopsi massal teknologi blockchain dan mata uang digital. 

Menurutnya, NVX hadir dengan mengedepankan keamanan, kehandalan, dan inovatif. Hal itu dibuktikan dengan penerapan autentikasi multi-faktor, cold storage untuk sebagian besar dana, audit keamanan reguler, dan protokol enkripsi yang kuat.

Sementara tampilan platform NVX juga didesain agar mudah digunakan baik melalui desktop atau perangkat seluler. ” Para pengguna juga bisa memilih beragam aset kripto, termasuk Bitcoin, Ethereum, dan sejumlah altcoin dalam satu platform.” ujar Jonny. 

Baca Juga: Bappebti ungkap transaksi kripto periode Januari-Juni 2023 tembus Rp66,44 triliun

NVX juga berkomitmen untuk mendidik pengguna tentang seluk-beluk teknologi blockchain, strategi perdagangan, dan tren pasar, membina komunitas yang terinformasi dengan baik. Bahkan dukungan pelanggan tersedia 24/7 untuk membantu pengguna.
 
Sebagai bagian dari konsorsium dengan bisnis yang beragam, NVX dapat memanfaatkan kekuatan penuh konsorsium melalui bisnisnya yang sudah berjalan lama sebagai dasar untuk proyek-proyeknya di masa depan, yaitu teknologi sustainability melalui proyek limbah-ke-energi yang ada dan token aset yang didukung emas.

Selain itu, lanjut Jonny, NVX memanfaatkan kekuatan konsorsium yang bertujuan untuk membawa akar ESG ke pasar agar dapat diakses oleh semua lapisan sosial dalam bentuk tokenisasi proyek ramah lingkungan dan energi terbarukan. 

Baca Juga: Ini daftar 23 pedagang aset kripto yang tercatat di Bursa Kripto Indonesia

Kehadiran NVX juga diharapkan dapat memperdalam pasar keuangan. “Nikmati likuiditas mendalam dan lingkungan perdagangan yang dinamis, difasilitasi oleh kemitraan strategis dan algoritma perdagangan tingkat lanjut. Ini memastikan eksekusi pesanan yang efisien dan meminimalkan selip,” kata Jonny.

Dengan komitmen terhadap inovasi, keamanan, dan pendidikan, NVX bertujuan untuk memberdayakan individu, bisnis, dan institusi untuk berpartisipasi dalam potensi transformatif teknologi blockchain.

Seperti diketahui, perdagangan aset  kripto melibatkan risiko tinggi dan tidak cocok untuk semua investor. Kinerja masa lalu bukan merupakan indikasi hasil masa depan. Oleh karena itu, investor perlu melakukan penelitian sebelum mengambil keputusan investasi apa pun. ■