Pinjol KoinWorks ungkap alasan keterlambatan pengembalian pinjaman dari nasabah

- Rabu, 9 November 2022 | 20:21 WIB
DINAMIKA ekonomi dan ketegangan geopolitik memicu keterlambatan pengembalian pinjaman oleh borrower. Demikian diungkapkan CEOfficer & Co-Founder KoinWorks Benedicto Haryono. (Foto: Ilustrasi)
DINAMIKA ekonomi dan ketegangan geopolitik memicu keterlambatan pengembalian pinjaman oleh borrower. Demikian diungkapkan CEOfficer & Co-Founder KoinWorks Benedicto Haryono. (Foto: Ilustrasi)

digitalbank.id - DINAMIKA ekonomi dan ketegangan geopolitik memicu keterlambatan pengembalian pinjaman oleh borrower. Demikian diungkapkan Chief Executive Officer & Co-Founder KoinWorks Benedicto Haryono seraya menegaskan bahwa perusahaan peer-to-peer lending yang dipimpinnya saat ini sedang terus mengkalkulasi performa pengembalian kredit produktif yang disalurkan.

Walaupun begitu, tidak bisa dipungkiri bahwa kondisi ekonomi yang saat ini penuh dinamika menjadi salah satu faktor terlambatnya pengembalian pinjaman. Jika dilihat dari sisi perbaikan, Benedicto menerangkan untuk produk KoinBisnis, berupa pinjaman untuk modal usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), terdapat perbaikan dari sisi outstanding dari Agustus ke September 2022.

Baca Juga: Perkuat bisnis dan strategi perusahaan, KoinWorks rombak manajemen

“Penerima pendanaan KoinWorks atau borrowers saat ini merupakan UMKM digital dari berbagai industri, antara lain yang mendominasi adalah food & beverage, perdagangan, dan jasa. Hingga saat ini, pengembalian kredit yang telah diterima merata dari semua industri,” ujar Benedicto, Rabu (9/11/2022).

Perusahaan teknologi finansial (tekfin) yang didirikan pada 2016 itu tercatat memiliki tingkat keberhasilan penyelesaian kewajiban pinjam-meminjam (TKB90) di angka 93 persen. “[Per September 2022] TKB90 KoinWorks mengalami perbaikan dibandingkan bulan sebelumnya sekitar 1 persen, yang mengindikasikan performa pengembalian pendanaan sehat,” ujarnya.

Baca Juga: Pasca disuntik dana Rp1,6 triliun KoinWorks makin fokus pada pembiayaan UKM

Sebagai gambaran, TKB90 merupakan angka yang menunjukan seberapa baik performa pengembalian pinjaman. Dengan kata lain, semakin tinggi persentase TKB90 yang tertera, maka semakin baik pula penyelenggaraan pinjam-meminjam yang dijalankan.   Mengutip dari laman resmi KoinWorks pada Rabu (9/11/2022), per September 2022, KoinWorks telah memiliki 2.043.371 pengguna dengan total AUM mencapai Rp2 triliun. Sejak berdiri, total pinjaman yang diberikan KoinWorks mencapai Rp12,92 triliun. Adapun, total pinjaman tahun ini bernilai Rp6 triliun.(SAF)


Editor: Safaruddin Husada

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X