Keren, QRIS kini bisa digunakan di Vietnam

- 26 Agustus 2023 - 17:41
QRIS tak lama lagi akan berlaku di Malaysia dan Thailand. BI dan kedua bank sentral tersebut Bank Negara Malaysia dan Bank of Thailand telah melakukan uji coba QR Cross-border.

digitalbank.id – KABAR gembira bagi traveller maupun pebisnis yang berkunjung ke Vietnam. Pasalnya, negeri ini resmi bergabung bersama Indonesia dalam kerja sama konektivitas pembayaran di kawasan ASEAN melalui perjanjian Regional Payment Connectivity (RPC).

Hal ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dan Deputy Governer State Bank of Vietnam Thanh Ha Pham di Hotel Mulia Jakarta, Jumat (25/8).

Kerjasama PRC ini akan menjadi langkah awal Indonesia dan Vietnam untuk menjalin kerja sama QRIS, Fast Payment, hingga sistem pembayaran Real Time Gross Settlement (RTGS). Melalui kerja sama ini, maka turis asal Indonesia bakal bisa berbelanja di Vietnam hanya menggunakan QRIS. “Sekarang kita expand dengan member baru yaitu Vietnam,” ujar Perry di Jakarta.

Dengan bergabungnya Vietnam pada Kerja Sama Konektivitas Sistem Pembayaran Kawasan maka jumlah partisipan bertambah dari lima negara menjadi enam negara. Lima negara ASEAN yang sudah lebih dulu menandatangani kerjasama tersebut adalah Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina dan Singapura.

Perry bilang, Brunei Darussalam telah menyatakan minatnya untuk bergabung dan segera menyusul untuk penandatanganan Nota Kesepahaman. Ia memastikan, semua negara ASEAN akan bisa bergabung dalam kerja sama PRC ini.

“Tahun lalu lima siap, sekarang Vietnam siap dan Brunei segera sedang persiapan dan negara lain. Jadi ASEAN ke depan akan terkoneksi sistem pembayarannya,” imbuh Perry.

Perry mengatakan, perluasan RPC ini bertujuan untuk mendukung kegiatan ekonomi pasca pandemi diseluruh ASEAN, termasuk promosi pariwisata dan industri jasa lainnya.

Selain itu, perluasan ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi UMKM, yang menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi nasional. ■

Comments are closed.