digitalbank.id - Meski sebagian besar transaksi di Bank BNI sudah digital, namun kenyataannya sebagian nasabah masih ingin melakukan transaksi tatap muka dengan mendatangi kantor cabang.
Direktur Network & Services PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) Ronny Venir mengatakan, BNI berkomitmen untuk terus mendorong pengembangan jaringan ke arah digital.
"Perseroan telah menyiapkan sejumlah strategi untuk makin mendekatkan layanan mereka kepada masyarakat, termasuk yang berada di daerah terpencil," katanya, Kamis (8/12).
Menueut dia transformasi jaringan di BNI dilakukan secara terukur. "Meski transaksi telah banyak beralih ke digital, sebagian nasabah masih ingin melakukan transaksi tatap muka dengan mendatangi kantor cabang," tuturnya.
Lebih lanjut dia mengatakan, nasabah yang datang ke kantor cabang, selain mendapat pelayanan juga diberi edukasi dan diarahkan oleh BNI untuk bertransaksi melalui digital ke depannya.
"Kami melengkapi outlet-outlet dengan mesin digital yang BNI miliki. Bagaimana pun juga kami melihat banyak masyarakat yang masih ingin bertransaksi lewat tatap muka," katanya.
Lebih lanjut dia mengatakan, sejalan dengan perubahan perilaku nasabah dalam bertransaksi, BNI telah melakukan transformasi melalui perubahan outlet dan layanan berbasis digital yang terbagi dalam empat format outlet yaitu super flagship, business flagship, digital first, dan tematik.
Outlet super flagship melayani hampir semua kegiatan finansial. Outlet business flagship menjadi pusat pelayanan terpadu untuk komunitas bisnis, sedangkan outlet tematik untuk memberikan pengalaman yang mendalam sesuai dengan tema lokasi. Hingga saat ini BNI memiliki outlet sekitar 1.800 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia.
"Adapun digital first khusus untuk pelayanan customer fast moving customer. Ini biasanya kami tempatkan di mall dan tempat keramaian yang lain," katanya.
Dia mengatakan kriteria empat outlet tersebut akan diimplementasikan secara bertahap di BNI.
Artikel Terkait
BNI tawarkan suku bunga 2,76% p.a untuk pembelian hunian via BNI Griya
BNI Mobile Banking kini miliki 12,5 juta pengguna sampai dengan Agustus 2022
BNI bukukan pendapatan laba bersih Rp13,7 triliun pada kuartal III 2022
Melalui event Jakarta Fashion Week 2023 Bank BNI coba angkat literasi digital banking para nasabah
BNI akan bermetaverse di ajang B20 Summit Indonesia 2022
Mandiri, BRI dan BNI segera mengeksplor metaverse, meski masih akan hadapi tantangan
Keren, Bank BNI raih tiga penghargaan sekaligus dari LPS
Ditunjuk Erick Thohir kembangkan Bakauheni Harbour City, BNI akan bangun BNI Xpora Creative Hub
Terus kembangkan teknologi API di ekosistem digital, BNI raih DevPortal Award 2022
Kolaborasi dengan jaringan PRIMA, nasabah Bank DKI bisa tarik tunai tanpa kartu di ATM BNI dan CIMB Niaga