• Kamis, 8 Desember 2022

Meski dibayangi kenaikan inflasi, riset BRI ungkap bisnis UMKM tetap tumbuh

- Minggu, 20 November 2022 | 18:02 WIB
Riset BRI mengungkapkan sektor UMKM masih menunjukan pertumbuhan bisnis yang optimistis di tengah tantangan laju kenaikan kenaikan inflasi. (Foto: Ilustrasi UMKM/bumn.info)
Riset BRI mengungkapkan sektor UMKM masih menunjukan pertumbuhan bisnis yang optimistis di tengah tantangan laju kenaikan kenaikan inflasi. (Foto: Ilustrasi UMKM/bumn.info)

digitalbank.id - Riset BRI mengungkapkan sektor UMKM masih menunjukan pertumbuhan bisnis yang optimistis di tengah tantangan laju kenaikan kenaikan inflasi.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan UMKM punya multiplier effect yang kuat terhadap perekonomian Indonesia.

"BRI berkomitmen kan terus fokus menumbuhkembangkan UMKM di tengah kenaikan inflasi saat ini melalui pemberdayaan dan pembiayaan yang komprehensif," katanya dalam keterangan tertulis Minggu (20/11).

Menurut dia. Sebanyak 60,51% PDB Indonesia disumbangkan dari sektor UMKM dan hal itu yang menjadi perhatian kami untuk menjaga UMKM dapat tetap tumbuh menghadapi berbagai tantangan ekonomi, termasuk inflasi. BRI terus mengalokasikan resources yang dimiliki untuk memberdayakan dan menumbuhkembangkan UMKM.

Lebih lanjut dia mengatakan pertumbuhan bisnis UMKM tecermin dari Indeks Bisnis UMKM Kuartal III-2022 yang dirilis oleh PT Bank Rakyat Indoenesia (Persero) Tbk.

Pertumbuhan positif bisnis UMKM kuartal III-2022 tergambar dari skor indeks bisnis UMKM yang berhasil meraih skor 103,2. Artinya, para pelaku UMKM masih dalam fase optimistis karena skor berada di atas level 100,0.

Survey ini sendiri melibatkan 7.090 responden UMKM yang tersebar disemua sektor ekonomi dan di 33 provinsi di Indonesia.

 

Lebih lanjut dia mengatakan sejumlah faktor menjadi penopang pertumbuhan bisnis UMKM pada kuartal III-2022. Pertama, Pandemi COVID-19 yang cenderung terkendali.

Kedua, kegiatan tatap muka, baik work from office (WFO) dan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang semakin meningkat.

Halaman:

Editor: Deddy H. Pakpahan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BI sampaikan 3 hal penting kerjasama dengan PBNU

Selasa, 6 Desember 2022 | 14:44 WIB

Modalku menepis isu PHK besar-besaran

Minggu, 4 Desember 2022 | 19:21 WIB

Kredivo jadi pemegang saham mayoritas Krom Bank

Sabtu, 3 Desember 2022 | 20:56 WIB
X