• Senin, 26 September 2022

Bank BSI membeli Wisma Antara senilai Rp755 miliar

- Rabu, 21 September 2022 | 21:09 WIB
PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) telah mengumumkan membeli Wisma Antara di Jalan Medan Merdeka Selatan No.17 Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.  Pembelian Wisma Antara ini dilakukan ke PT Anpa International senilai Rp755 miliar.  (Foto: Wikipedia.org)
PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) telah mengumumkan membeli Wisma Antara di Jalan Medan Merdeka Selatan No.17 Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Pembelian Wisma Antara ini dilakukan ke PT Anpa International senilai Rp755 miliar. (Foto: Wikipedia.org)

digitalbank.id - PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) telah mengumumkan membeli Wisma Antara di Jalan Medan Merdeka Selatan No.17 Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.  Pembelian Wisma Antara ini dilakukan ke PT Anpa International senilai Rp755 miliar. 

Dalam pemberitaan Antara pada 2013, PT Anpa (Antara-Pabema) International dikelola oleh Grup Barito setelah sebelumnya dikendalikan Djoko Tjandra pemilik Mulia Grup. Meski demikian, dalam rilis terbaru tidak dijelaskan pemilik PT Anpa. 

Perubahan manajemen tersebut ditandai dengan pergantian susunan komisaris dan direksi PT Anpa International yang disahkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa atas prakarsa pihak Barito berdasarkan keputusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Pabema sendiri adalah perusahaan Belanda mitra Kantor Berita Antara yang membangun Gedung Wisma ANTARA pada akhir tahun 1970-an, dengan komposisi saham 80 persen Pabema berbanding 20 persen Antara.

Baca Juga: Bank BSI salurkan pembiayaan sebesar Rp 750 miliar kepada unit usaha syariah Toyota Astra Financial Services

Dalam perjalanannya, saham Pabema tersebut dibeli oleh Mulia Grup dari seorang pemegang saham individu yang kemudian dijual lagi ke Barito Grup.  Sementara itu, Sekretaris Perusahaan BSI Gunawan Arief Hartoyo mengatakan bahwa nilai transaksi tersebut  adalah harga sebelum pajak yang terkait dengan transaksi pembelian tanah dan bangunan. Adapun, transaksi tersebut dilakukan pada 19 September 2022.  “Sumber pendanaan untuk pembelian aset tanah dan bangunan berasal dari modal [equity],” jelas Gunawan dalam keterbukaan informasi, Selasa (20/9/2022).

Gunawan menjelaskan bahwa tanah dan bangunan tersebut terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan No.17 Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. “Dengan dilakukannya transaksi ini, perseroan akan memiliki tanah dan bangunan di lokasi yang strategis yang akan mendukung kegiatan perseroan,” terangnya.

Saat ini kantor pusat BSI berada di The Tower, Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Gedung ini dikembangkan oleh  PT Alfa Goldland Realty yang merupakan bagian dari perusahaan pengembang raksasa di Indonesia, Alam Sutera Group. Sementara itu, mengenai kebijakan manajemen melakukan akuisisi Wisma Antara, komisaris BRIS yang juga juru bicara Wakil Presiden RI, Masduki Baidowi menyerahkan kepada direksi.  "Penjelasan soal ini [pembelian Wisma Antara] dilakukan pihak eksekutif/sekretaris perusahaan. Bukan kewenangan dari komisaris," katanya. 

Baca Juga: Bank BSI masuk dalam 10 besar bank syariah terbesar dunia

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) telah mengumumkan pembelian Wisma Antara yang berlokasi di Jalan Medan Merdeka Selatan No.17 Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, DKI Jakarta Pusat. Wisma Antara dibeli oleh PT Anpa International seharga Rp755 miliar.

Halaman:

Editor: Safaruddin Husada

Tags

Artikel Terkait

Terkini

OJK membubarkan Dana Pensiun Perum Perumnas

Rabu, 21 September 2022 | 21:25 WIB

Bank BSI membeli Wisma Antara senilai Rp755 miliar

Rabu, 21 September 2022 | 21:09 WIB
X