• Kamis, 8 Desember 2022

Kini sudah 7 Bank nasional yang layani pembayaran via QRIS di Thailand

- Jumat, 2 September 2022 | 20:34 WIB
BANK INDONESIA menerangai bahwa saat ini terdapat delapan Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP) di Thailand yang dapat menerima transaksi Quick Response Indonesia Standard atau QRIS. Dari jumlah tersebut, 7 PJP berasal dari perbankan. (Foto: Ilustrasi QRIS)
BANK INDONESIA menerangai bahwa saat ini terdapat delapan Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP) di Thailand yang dapat menerima transaksi Quick Response Indonesia Standard atau QRIS. Dari jumlah tersebut, 7 PJP berasal dari perbankan. (Foto: Ilustrasi QRIS)

digitalbank.id - BANK INDONESIA menerangai bahwa saat ini terdapat delapan Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP) di Thailand yang dapat menerima transaksi Quick Response Indonesia Standard atau QRIS. Dari jumlah tersebut, 7 PJP berasal dari perbankan.

Kemudahan ini akan dinikmati setelah Bank Indonesia dan Bank of Thailand secara resmi meluncurkan kerjasama pembayaran kode QR lintas batas. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi perdagangan dan mendukung digitalisasi perdagangan dan investasi.

Melalui inisiatif ini, warga negara Indonesia dan Thailand dapat menggunakan aplikasi pembayaran di perangkat mereka dengan memindai kode QR Thailand dan QRIS untuk menyelesaikan transaksi pembayaran di merchant. Filianingsih Hendarta, Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI), mengatakan nilai tukar akan otomatis terkonversi begitu transaksi dilakukan, sehingga pengguna Indonesia bisa langsung menarik uang dalam rupiah. Pedagang Thailand sekarang menerima pembayaran dalam baht.

Baca Juga: Presiden Jokowi luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Domestik dan QRIS antarnegara

Ini dia 7 bank yang layani pembayaran QRIS di Thailand:

PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) BCA merupakan salah satu penyedia jasa pembayaran (PJP) dalam kerja sama pembayaran QRIS lintas negara atau cross-border QR payment linkage antara Indonesia dan Thailand. Fasilitas tersebut kini sudah dapat digunakan di BCA Mobile. “Mulai hari ini, fitur QRIS cross border Indonesia – Thailand telah tersedia di BCA mobile versi terbaru 2.9.5 dan dapat digunakan oleh nasabah dalam transaksi finansialnya,” ujar Executive Vice President Secretariat Corporate Communication BCA Hera F. Haryn, Senin (29/8/2022). Menurutnya, BCA sebagai perbankan nasional terus mendukung kebijakan regulator dalam upaya mendorong digitalisasi di kancah global melalui penerapan QRIS.

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) Direktur Utama Bank Syariah Indonesia Hery Gunardi mengatakan perseroan mendukung langkah pemerintah dan regulator dalam mengakselerasi ekonomi digital, sekaligus memperkuat digitalisasi sistem pembayaran lintas negara atau cross border di Asia Tenggara. Salah satunya melalui perluasan akseptasi QRIS BSI di aplikasi BSI Mobile. Menurutnya, emiten bank dengan ticker BRIS tersebut akan terus berinovasi dan melakukan terobosan guna meningkatkan layanan digital melalui BSI Mobile.

PT Bank CIMB Niaga Tbk. (BNGA) CIMB Niaga juga menjadi salah satu bank yang melayani transaksi pembayaran QRIS di Thailand. Adapun fasilitas tersebut dapat diakses melalui aplikasi OCTO Mobile milik emiten bank bersandi saham BNGA tersebut. Adapun, sejak pertengahan tahun lalu, CIMB Thai Bank Public Company Limited (CIMB Thai) dan CIMB Niaga telah mengumumkan kerja sama penyelenggaraan layanan pembayaran berbasis QR Code antara Thailand dan Indonesia.

Baca Juga: QRIS Bank BNI hadir di 20 ribu gerai Indomaret

Halaman:

Editor: Safaruddin Husada

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BI sampaikan 3 hal penting kerjasama dengan PBNU

Selasa, 6 Desember 2022 | 14:44 WIB

Modalku menepis isu PHK besar-besaran

Minggu, 4 Desember 2022 | 19:21 WIB

Kredivo jadi pemegang saham mayoritas Krom Bank

Sabtu, 3 Desember 2022 | 20:56 WIB
X