• Kamis, 8 Desember 2022

CIMB Niaga pertahankan CASA 66% sampai akhir tahun 2022

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 08:51 WIB
PT Bank CIMB Niaga Tbk. (BNGA) menargetkan pergerakan dana murah atau Current Account Saving Account (CASA) berada di level 66 persen hingga akhir tahun. (Foto: Istimewa/digitalbank.id )
PT Bank CIMB Niaga Tbk. (BNGA) menargetkan pergerakan dana murah atau Current Account Saving Account (CASA) berada di level 66 persen hingga akhir tahun. (Foto: Istimewa/digitalbank.id )

digitalbank.id - BIAYA dana adalah salah komponen penting bagi perbankan untuk meningkatkan kinerja keuangannya. Untuk itu, PT Bank CIMB Niaga Tbk. (BNGA) menargetkan pergerakan dana murah atau Current Account Saving Account (CASA) berada di level 66 persen hingga akhir tahun.

Current Account Saving Account (CASA) adalah dana pihak ketiga yang diperoleh perbankan dari tabungan dan giro. Disebut dana murah karena beban bunga yang ditanggung bank untuk tabungan dan giro relatif lebih rendah dibandingkan dengan beban bunga deposito. Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan pada Juni 2022, CASA perusahaan menyentuh angka 66 persen. Perseroan menjadikan CASA sebagai tulang punggung pertumbuhan CIMB Niaga.

“Sebetulnya target kami 65 persen sampai akhir tahun tetapi hingga pertengahan tahun sudah tercapai. Saya harap angkanya jangan sampai turun dibawah 66 persen hingga akhir tahun,” kata Lani di Jakarta, Rabu (3/8).

Baca Juga: CIMB Niaga berniat tambah kantor cabang. Melawan arus perbankan digital?

Selain menjaga CASA, perusahaan akan terus menggenjot penyaluran kredit hingga akhir tahun. Lani mengatakan CIMB Niaga menargetkan kredit dapat tumbuh pada 9 - 10 persen pada tahun ini. Sementara itu posisi loan to deposit ratio/LDR atau rasio total pinjaman bank terhadap total simpanan berada di level 85 persen.

Baca Juga: Bank CIMB Niaga gandeng bursa komoditi untuk transaksi pasar fisik emas digital

Saat ini LDR CIMB Niaga masih berada di posisi 82 persen. “Drivernya tetap dari konsumer,” kata Lani. Merujuk pada data presentasi korporasi CIMB Niaga, per Juni 2022 total kredit yang disalurkan CIMB Niaga mencapai Rp189,69 triliun, tumbuh 9,4 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Segmen korporasi menjadi kontributor terbesar dalam porsi kredit CIMB Niaga dengan porsi mencapai 38 persen, segmen konsumer pada urutan kedua dengan 33,8 persen dan komersial urutan ketiga dengan 16,5 persen.(SAF)


Editor: Safaruddin Husada

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BI sampaikan 3 hal penting kerjasama dengan PBNU

Selasa, 6 Desember 2022 | 14:44 WIB

Modalku menepis isu PHK besar-besaran

Minggu, 4 Desember 2022 | 19:21 WIB

Kredivo jadi pemegang saham mayoritas Krom Bank

Sabtu, 3 Desember 2022 | 20:56 WIB
X