• Senin, 26 September 2022

Bank BNI bangun SPKLU bersama PLN sebagai bentuk komitmen percepatan penggunaan kendaraan bermotor listrik

- Selasa, 19 Juli 2022 | 21:54 WIB
Bank BNI  bersama PLN bangun SPKLU sebagai komitmen untuk terus menjadi agen transformasi dalam penerapan prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola atau ESG. (Foto: Rathaphon Nanthapreecha/pexels.com )
Bank BNI bersama PLN bangun SPKLU sebagai komitmen untuk terus menjadi agen transformasi dalam penerapan prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola atau ESG. (Foto: Rathaphon Nanthapreecha/pexels.com )

digitalbank.id - ESG adalah singkatan dari Environmental, Social, and (Corporate) Governance. Ketiga faktor besar ini digunakan untuk mengukur keberlanjutan dan dampak etis dari hasil investasi dalam bisnis atau perusahaan. 

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. berkomitmen untuk terus menjadi agen transformasi dalam penerapan prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola atau ESG. Terbaru, dengan dukungan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN, BNI menjadi pioner di industri perbankan sebagai lembaga keuangan yang mengoperasikan dua Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengatakan pembangunan SPKLU tersebut merupakan langkah nyata BNI untuk mendorong percepatan penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Indonesia, yang akan berdampak positif untuk lingkungan. “BNI merupakan Perbankan pertama di Indonesia yang menggunakan skema kerja sama SPKLU Partnership Investor Own Investor Operate (IO2) dari PLN,” kata Royke dalam siaran pers, Selasa (19/7).

Baca Juga: Bank BNI luncurkan BNI DigiGriya untuk layani kebutuhan properti para nasabah

Royke menambahkan BNI juga menghadirkan kemudahan kepemilikan Kendaraan Listrik melalui pembiayaan konsumer BNI dan pembiayaan melalui anak usaha BNI yaitu BNI Multifinance. BNI memberikan skema khusus yang lebih menarik dibanding pembiayaan mobil konvensional. Untuk diketahui, melalui skema ini PLN bertindak selaku pemilik bisnis SPKLU, dan partner selaku mitra bisnis.

Skema SPKLU Partnership IO2 terdiri dari tiga paket yaitu Paket Medium Charger, Paket Fast Charger, dan Paket Ultra Fast Charger. Dengan adanya program tersebut, PLN memberikan kemudahan pelayanan kepemilikan sekaligus pengurusan perizinan kepada para mitra untuk bisa menjalankan bisnis dan meningkatkan ekosistem SPKLU.

Sejalan dengan itu BNI berperan sebagai perbankan pertama yang menyediakan kanal Pembayaran (dalam hal ini Payment Gateway Kartu Debit) di Aplikasi PLN Mobile untuk pembayaran pengisian kendaraan listrik yang menggunakan SPKLU PLN. Adapun unit SPKLU yang diresmikan tersebut memiliki 3 (tiga) jenis charger yaitu tipe AC dengan daya 22 kilo Watt (kW), DC CHAdeMo dengan daya 25 kW, dan DC CCS2 dengan daya 25 kW.

Baca Juga: Tampil ke negeri K-Pop, Bank BNI tuai pujian

Tipe AC biasanya digunakan untuk mobil listrik keluaran pabrikan Eropa, sedangkan tipe DC CHAdeMo untuk mobil listrik keluaran pabrikan Asia dan Amerika, adapun tipe DC CCS2 merupakan kombinasi dengan kategori fast charging. Pengelolaan SPKLU yang ditempatkan di BNI akan dikelola berdasarkan sinergitas antara anak perusahaan PLN dan perusahaan afiliasi BNI, yakni PT Grha Mitra Empatenam.

Halaman:

Editor: Safaruddin Husada

Tags

Artikel Terkait

Terkini

OJK membubarkan Dana Pensiun Perum Perumnas

Rabu, 21 September 2022 | 21:25 WIB

Bank BSI membeli Wisma Antara senilai Rp755 miliar

Rabu, 21 September 2022 | 21:09 WIB
X