• Selasa, 17 Mei 2022

Sinergi Bank Mandiri dan PT Pos Indonesia untungkan UMKM

- Jumat, 6 Mei 2022 | 10:33 WIB
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. dan PT Pos Indonesia (Persero) berkolaborasi guna meningkatkan inklusivitas layanan keuangan dan layanan kurir melalui kerja sama bisnis model cross keagenan antara Mandiri Agen yang merupakan mitra usaha Bank Mandiri dan Agen Pos mitra usaha Pos Indonesia. (Foto: Istimewa)
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. dan PT Pos Indonesia (Persero) berkolaborasi guna meningkatkan inklusivitas layanan keuangan dan layanan kurir melalui kerja sama bisnis model cross keagenan antara Mandiri Agen yang merupakan mitra usaha Bank Mandiri dan Agen Pos mitra usaha Pos Indonesia. (Foto: Istimewa)

digitalbank.id - SAAT ini sinergi, kolaborasi lebih banyak menjadi pilihan dunia usaha baik untuk mengembangkan bisnis maupun guna memanjakan mitra atau pelanggan. Bisa kita lihat misalnya saat PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. dan PT Pos Indonesia (Persero) berkolaborasi guna meningkatkan inklusivitas layanan keuangan dan layanan kurir melalui kerja sama bisnis model cross keagenan antara Mandiri Agen yang merupakan mitra usaha Bank Mandiri dan Agen Pos mitra usaha Pos Indonesia.

Kerja sama ini juga bertujuan untuk mendorong perekonomian Indonesia terutama pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) seiring dengan jaringan layanan perbankan yang makin luas. SEVP Micro & Consumer Finance Bank Mandiri Josephus K. Triprakoso menjelaskan bahwa melalui kolaborasi yang terjalin perseroan berusaha meningkatkan kemudahan operasional agen dan konsumen dalam mengakses layanan keuangan dan layanan kurir.

Keduanya akan menghadirkan paket produk (product bundling) untuk pemberdayaan masyarakat terutama UMKM. Ada 3 Skema Menarik “Kerja sama ini merupakan wujud sinergi dan kolaborasi antar BUMN. Di mana saling bersinergi dalam rangka memberikan dampak lebih besar terhadap pertumbuhan perekonomian secara nasional,” kata Josephus dalam siaran pers yang dikutip, Jumat (6/5/2022).

Baca Juga: Bank BSI salurkan pembiayaan sebesar Rp177,51 triliun di kuartal I/2022

Dia menjelaskan bahwa Bank Mandiri saat ini memiliki lebih dari 100.000 jaringan Mandiri Agen yang tersebar di seluruh Indonesia. Sementara itu, Pos Indonesia saat ini memiliki jaringan lebih dari 4.800 kantor, 8.891 Agen Pos serta puluhan ribu agen yang terhubung dengan berbagai layanan Pos Indonesia. Pos Indonesia juga memiliki jangkauan ke ratusan negara di dunia. “Dengan kerjasama ini, ada potensi jaringan layanan agen dapat tumbuh berkembang bersama-sama,” ujar Josephus.

Bank Mandiri optimistis sinergi ini dapat memberikan nilai tambah dan kemudahan bagi para mitra usaha Bank Mandiri dan Pos Indonesia untuk mengembangkan usahanya. Di sisi lain, sebagai upaya peningkatan dan pemerataan akses masyarakat terhadap produk layanan keuangan dan layanan jasa kurir di Indonesia.

Baca Juga: Antisipasi persaingan bank digital, Bank Mandiri fokus perluas kolaborasi

Sementara itu, Direktur Bisnis Kurir dan Logistik Pos Indonesia (Persero) Siti Choiriana mengatakan kerja sama antara Pos Indonesia dan Bank Mandiri selaras dengan semangat sinergi antar BUMN yang saat ini sedang dibangun pemerintah terutama dalam memberikan dampak lebih besar terhadap perekonomian nasional. Sejalan dengan transformasi bisnis yang sedang dilakukan, kolaborasi menjadi bukti konkret dukungan Pos Indonesia kepada pelaku UMKM dalam upaya peningkatan dan pemerataan akses masyarakat terhadap produk layanan keuangan dan kurir. “Melalui kerja sama ini, jaringan cross agent dua BUMN akan makin luas dan masif. Di sisi lain, akses masyarakat terhadap layanan keuangan dan kurir makin mudah,” jelasnya.(SAF)

 

Halaman:

Editor: Safaruddin Husada

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X