• Kamis, 8 Desember 2022

Bank BSI bangun ekosistem digital di Aceh

- Rabu, 29 Desember 2021 | 08:00 WIB
BSI baru saja meluncurkan ekosistem digital masjid melalui 37 masjid di Aceh sebagai program percontohan bekerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI). Ini untuk mengoptimalkan peran masjid untuk penguatan ekonomi masyarakat.  Di bawah DMI sedikitnya ada 800 ribu mesjid tersebar di seluruh Indonesia. (Foto: bankbsi.co.id)
BSI baru saja meluncurkan ekosistem digital masjid melalui 37 masjid di Aceh sebagai program percontohan bekerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI). Ini untuk mengoptimalkan peran masjid untuk penguatan ekonomi masyarakat. Di bawah DMI sedikitnya ada 800 ribu mesjid tersebar di seluruh Indonesia. (Foto: bankbsi.co.id)

digitalbank.id -- PERKEMBANGAN BANK DIGITAL di Indonesia masih terbilang baru. Namun sesungguhnya bank digital telah lama hadir di luar negeri. Kisah sukses bank-bank digital di berbagai negara itu antara lain karena mereka memiliki ekosistem yang kuat semacam Kakao Bank dari Korea Selatan yang sukses karena sebelumnya memiliki platform KakaoTalk yang punya user lebih dari separuh warga Korea.

Alhasil, Kakao Bank termasuk salah satu bank digital yang mampu membukukan laba di ulang tahun pertamanya.

Langkah Kakao Bank juga banyak diikuti bank-bank di Indonesia, berupaya membangun ekosistem. Investor asal Hongkong WeLab masuk Bank Jasa Jakarta yang kuat di bisnis mobil. Ini akan klop dengan bisnis Astra International sebagai mitra WeLab dalam menjalankan bisnis fintech peer to peer lending.

Sedangkan BCA Digital akan didukung oleh sang induk BCA yang dimiliki oleh Grup Djarum. Ada juga BRI Agro atau Bank Raya yang ditopang oleh bank pelat merah, BRI.

Baca Juga: Sukses transformasi digital ditentukan oleh budaya bukan teknologi

Lalu, Bank Fama yang baru saja diakuisisi oleh Emtek, bisa memanfaatkan ekosistem konglomerat ini. Juga ada bank kecil yang diakuisisi oleh fintech ataupun pelaku e-commerce, dengan harapan bisa memperkuat ekosistem digital yang sudah ada.

Kabar terbaru, PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) pun tak mau ketinggalan. BSI baru saja meluncurkan ekosistem digital masjid melalui 37 masjid di Aceh sebagai program percontohan. Wakil Komisaris Utama BSI Muhammad Zainul Majdi mengatakan program tersebut sebagai kelanjutan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara BSI dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) pada 29 September 2021 lalu.

"Hal ini untuk mengoptimalkan peran masjid untuk penguatan ekonomi masyarakat. Kegiatan ini pun mendapat dukungan langsung dari Kementerian Agama," kata Zainul, dalam keterangan resmi, awal pekan ini.

Baca Juga: Bank Fama beri pengumuman resmi usai diakuisisi Emtek

Halaman:

Editor: Safaruddin Husada

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bank Neo penuhi batas modal minimum Rp 3 triliun

Kamis, 8 Desember 2022 | 20:23 WIB

BI sampaikan 3 hal penting kerjasama dengan PBNU

Selasa, 6 Desember 2022 | 14:44 WIB

Modalku menepis isu PHK besar-besaran

Minggu, 4 Desember 2022 | 19:21 WIB

Kredivo jadi pemegang saham mayoritas Krom Bank

Sabtu, 3 Desember 2022 | 20:56 WIB
X