J Trust Bank tampilkan komitmen SDG pada Asean-Japan Fair 2023

- 8 Oktober 2023 - 17:37
j trust bank

PT Bank J Trust Indonesia Tbk (J Trust Bank) menampilkan komitmen untuk berkontribusi dalam pencapaian sustainable development goals (SDG) pada Asean-Japan Fair yang berlangsung di Plaza Senayan, Jakarta, 29 September s/d 1 Oktober 2023.

Direktur Utama J Trust Bank Ritsuo Fukadai mengatakan, kegiatan tersebut untuk memperingati 50 Tahun Kerja Sama dan Persahabatan Asean-Jepang yang diselenggarakan Japan-Asean Integration Fund (JAIF).

“Dalam hal ini, J Trust Bank menjadi satu peserta mewakili kelompok pelaku usaha, yakni perusahaan-perusahaan Jepang yang ada di Indonesia pada acara tersebut,” ujarnya, Minggu (8/10).

Baca juga: Incar penyaluran kredit Rp5,5 triliun, J Trust Bank andalkan KPR dengan tenor 30 tahun

Menurut dia, dengan mengangkat tema Better Me for a Better Ocean J Trust Bank menampilkan komitmennya untuk berkontribusi dalam pencapaian sustainable development goals atau tujuan pembangunan berkelanjutan khususnya nomor 8 Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, nomor 14 Kehidupan Bawah Laut, dan nomor 17 Kemitraan untuk Mencapai tujuan.

Sejak tahun 2021, J Trust Bank bekerja sama dengan Suku Dinas Ketenagakerjaan, Energi, dan Transmigrasi Kota Jakarta Selatan memfasilitasi pelatihan pengelolaan limbah tekstil bagi puluhan perempuan penjahit rumahan, dan pada tahun 2023 diadakan pelatihan intensif up-cycling produk dengan menggandeng Setali Indonesia sebagai upaya mengurangi sisa produksi berupa limbah tekstil berakhir di laut.

lebih lanjut Ritsuo Fukadai mengatakan, sebagai bagian dari pelaku usaha global, J Trust Bank menyadari adanya dampak negatif pada lingkungan yang dihasilkan dari berkembangnya industri fashion di Indonesia.

Baca juga: Tsumugu, jadi jurus jitu J Trust Bank pertahankan loyalitas nasabah

“Merespons permasalahan limbah tekstil yang menjadi polutan nomor 2 di laut, J Trust Bank menginisiasi langkah sederhana melalui peningkatan kapasitas pelaku usaha dalam menghasilkan produk up-cycling dari limbah tekstil. Sekaligus melakukan edukasi kepada individu dan masyarakat mengenai pentingnya konsumsi fashion yang bertanggung jawab,” katanya.

Sementara itu, Tsunezuka Itsumi selaku perwakilan Mission of Japan to Asean menyampaikan bahwa keikutsertaan J Trust Bank pada Asean-Japan Fair telah memberikan pengaruh yang positif pada keseluruhan acara. J Trust Bank mampu mengedukasi masyarakat mengenai pengelolaan limbah khususnya tekstil demi kelestarian laut, mampu menarik perhatian pengunjung melalui aktivasi tukar baju layak pakai dengan produk up-cycling dengan dekorasi yang menarik yang semuanya menggunakan limbah tekstil.

Baca juga: Rugi Rp445,4 miliar di 2021, J Trust Bank berhasil bukukan laba Rp86,6 miliar di 2022

Komitmen J Trust Bank pada aspek keberlanjutan seiring dengan kinerja positif J Trust Bank. Sesuai Laporan Keuangan kuartal II-2023 J Trust Bank mencatatkan laba bersih sebesar Rp90,62 miliar.

Peningkatan kinerja tersebut dipicu oleh pertumbuhan kredit bruto menjadi sebesar Rp 21,70 triliun dari sebelumnya Rp 15,28 triliun atau tumbuh 42,00% secara year on year (yoy). Sementara dana pihak ketiga (DPK) juga terlihat meningkat menjadi Rp 29,24 triliun dari Rp 20,18 triliun atau sebesar 44,87% (yoy) pada posisi kuartal II-2023 dibandingkan kuartal II-2022. ■