Kinerja Panin Bank semester I-2023 moncer, laba berhasil dikerek naik sampai Rp2,1 triliun

- 26 Juli 2023 - 16:42

digitalbank.id – PT Bank Panin Tbk (Panin Bank) selama semester I-2023 mencatatkan kinerja dengan membukukan laba bersih sebesar Rp2,10 triliun atau meningkat 30,89% dibandingkan periode sama pada 2022 sebesar Rp1,60 triliun.

Presiden Direktur Panin Bank Herwidayatmo mengatakan, peningkatan laba tersebut didukung fee based income yang naik 47,94% menjadi Rp1,68 triliun. Kenaikan fee based income terutama berupa pendapatan dari transaksi surat berharga dan recovery.

“Beban operasional lain mengalami penurunan sebesar 7,31% menjadi Rp3,84 triliun,” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (26/7).

Menurit dia, total kredit yang disalurkan perseroan sebesar Rp138,96 triliun atau naik 1,44% dari posisi Desember 2022 sebesar Rp136,99 triliun.

“Peningkatan kredit tersebut terutama pada segmen komersial sejalan dengan pulihnya permintaan kredit di sektor ini. Panin Bank berhasil meningkatkan penjualan kredit komersial melalui kantor-kantor cabang untuk mendukung pengembangan usaha nasabah yang mulai pulih pascapandemi Covid-19,” katanya.

Sementara itu, penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) perseroan menunjukkan peningkatan dengan pertumbuhan sebesar 1,77% menjadi Rp144,35 triliun, dengan peningkatan terbesar pada tabungan yang naik 3,70% menjadi Rp 52,85 triliun.

Dia menjelaskan, peningkatan tabungan menunjukkan keberhasilan Bank Panin untuk meningkatkan porsi dana murah dengan mendorong pertumbuhan CASA (dana murah) yang kini mencapai 48,34% dari posisi Desember 2022 sebesar 47,07%.

Jumlah ekuitas terus ditingkatkan dan telah mencapai Rp 49,51 triliun, meningkat 4,45% dari posisi akhir tahun 2022, sehingga CAR (rasio kecukupan modal) juga meningkat menjadi sebesar 32,89%.
Pertumbuhan CASA ini merupakan bukti dari upaya berkelanjutan yang dilakukan dengan menghadirkan produk dan layanan yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah, secara mudah, aman, dan menguntungkan.

Panin Bank juga terus mengembangkan layanan digital dan meningkatkan customer experience, untuk melengkapi layanan yang diberikan melalui kantor cabang. Nasabah Panin Bank kini bisa melakukan beragam aktivitas perbankan melalui layanan electronic banking yang terus dikembangkan. ■