• Kamis, 8 Desember 2022

Bank terbesar di Jepang MUFG umumkan akan masuki dunia metaverse pada 2023

- Selasa, 22 November 2022 | 16:46 WIB
MUFG, bank terbesar di Jepang menyatakan akan masuk ke dunia metaverse untuk menawarkan layanan keuangannya. (Foto: Dok. ANA Holdings)
MUFG, bank terbesar di Jepang menyatakan akan masuk ke dunia metaverse untuk menawarkan layanan keuangannya. (Foto: Dok. ANA Holdings)

digitalbank.id - MUFG, bank terbesar di Jepang menyatakan akan masuk ke dunia metaverse untuk menawarkan layanan keuangannya. MUFG memastikan bahwa layanan perbankannya di metaverse akan dimulai 2023.

Layanan ini, seperti dikutip bitcoin.com, merupakan kerja sama bank dengan ANA Holdings. ANA Holdings adalah sebuah konsorsium kepemilikan yang berfokus pada perusahaan transportasi udara, untuk menjadi bagian dari metaverse Granwhale ANA, dan menjajaki kemungkinan menjual produk keuangan pada platform ini.

Platform metaverse ANA Granwhale dijadwalkan beroperasi pada 2023. Pelanggan perusahaan akan dapat menjelajahi dunia 3D dengan avatar mereka dan berinteraksi dengan berbagai toko dan stand di dunia virtual.

MUFG, ANA, dan Sompo Japan, sebuah perusahaan asuransi, akan menjajaki kemungkinan melakukan aktivitas spesifik mereka di metaverse ini.

MUFG akan menawarkan layanan keuangannya kepada pengguna platform metaverse ini. Sompo Japan juga berharap dapat menjual asuransi untuk kemungkinan kerugian terkait dengan transaksi yang dilakukan di metaverse.

Tujuan dari beberapa perusahaan ini dalam memasuki dunia metaverse sebagai kendaraan untuk menarik audiens yang akan sulit dijangkau. MUFG tidak berbeda, karena diharapkan untuk memikat pengguna muda dengan langkah ini, sebuah demografi yang sulit dijangkau oleh institusi semacam itu.

Pada saat yang sama, perusahaan-perusahaan ini harus menyesuaikan operasi mereka dengan metaverse dan memasukkan verifikasi KYC dan proses lainnya untuk mematuhi aturan dan peraturan di dunia digital di mana avatar tidak terkait dengan identitas penggunanya.

Bank-bank lain di Asia juga mulai bergerak ke dunia maya. Pada September, DBS, salah satu bank terbesar di Asia Tenggara, mengumumkan pembelian sebidang tanah di Decentraland sebagai bagian dari dorongan metaverse. (HAN)

Editor: Deddy H. Pakpahan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BNI akan bermetaverse di ajang B20 Summit Indonesia 2022

Minggu, 13 November 2022 | 18:02 WIB

OJK tetap dukung metaverse cuma perlu hati-hati

Jumat, 5 Agustus 2022 | 22:08 WIB
X