
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) mencatat pertumbuhan signifikan dalam segmen nasabah kaya (High Net Worth Individual/HNWI) pada April 2025. Jumlah nasabah BNI Private meningkat 20% secara tahunan (year-on-year/yoy), sementara dana kelolaan atau asset under management (AUM) tumbuh 18% yoy. Kenaikan ini didorong oleh strategi BNI yang menggabungkan layanan keuangan eksklusif dengan pendekatan gaya hidup dan edukasi investasi, khususnya melalui program BNI Private Next Gen Community.
Fokus utama:
- BNI mencatat peningkatan jumlah nasabah Private sebesar 20% yoy dan pertumbuhan AUM sebesar 18% yoy pada April 2025.
- Melalui program seperti Golf Clinic Gen 2.0 dan BNI Private Next Gen Community, BNI menggabungkan layanan keuangan dengan kegiatan gaya hidup untuk menarik generasi muda dari keluarga HNWI.
- BNI memperluas layanan wealth management ke Singapura dan memperbarui BNI Emerald Center dengan fasilitas modern untuk meningkatkan pengalaman nasabah.
BNI terus berinovasi dalam layanan wealth management dengan memperkenalkan program-program yang menyasar generasi muda dari keluarga HNWI. Program BNI Private Next Gen Community, termasuk Golf Clinic Gen 2.0, dirancang untuk mengasah passion, memperluas jaringan, dan membangun legacy finansial generasi penerus nasabah Private BNI.
“Melalui event ini, kami ingin menghadirkan pengalaman yang bukan hanya menghibur, tetapi juga memperkaya secara personal dan profesional. BNI Private percaya bahwa generasi penerus perlu dibekali wawasan, jejaring, dan ruang aktualisasi agar mereka mampu melanjutkan dan mengembangkan legacy keluarganya,” jelas SEVP Wealth Management BNI, Steven Suryana.
Program ini merupakan bagian dari privilages nasabah BNI Private, termasuk Private Lifestyle Event, Young Successor Program, Investment Gathering, dan berbagai pengalaman eksklusif lainnya yang dirancang khusus untuk mendukung kebutuhan nasabah dalam bidang bisnis, investasi, serta gaya hidup modern.
BNI memahami bahwa segmen nasabah kaya masa kini, terutama generasi muda dari keluarga HNWI, tidak hanya menginginkan produk keuangan yang canggih, tetapi juga pengalaman yang relevan dengan minat dan gaya hidup mereka.
Melalui program BNI Private Next Gen Community, BNI menciptakan ruang bagi para penerus kekayaan keluarga untuk mengembangkan passion, membangun jejaring, dan mendapatkan wawasan investasi yang mendalam. Program ini tidak hanya fokus pada pengelolaan aset, tetapi juga pada pembekalan pengetahuan dan pengembangan karakter generasi muda agar mereka mampu melanjutkan dan mengembangkan legacy finansial keluarga secara berkelanjutan.
Salah satu kegiatan unggulan dalam program ini adalah Golf Clinic Gen 2.0, yang menggabungkan olahraga, networking, dan edukasi investasi dalam suasana yang santai namun penuh nilai tambah. Kegiatan seperti ini memberikan kesempatan bagi para nasabah muda untuk saling bertukar pengalaman dan belajar langsung dari para ahli investasi, sehingga mereka lebih siap dalam mengelola kekayaan keluarga dengan bijak.
Strategi ini juga mencakup berbagai event lifestyle eksklusif, edukasi investasi, serta program mentoring yang dirancang khusus untuk menyesuaikan kebutuhan dan aspirasi generasi muda nasabah BNI Private. Pendekatan ini membantu BNI membangun loyalitas dan hubungan jangka panjang dengan nasabah, sekaligus memperkuat posisi sebagai pemimpin di segmen wealth management Indonesia.
Sebagai bagian dari strategi ekspansi, BNI meluncurkan layanan wealth management di Singapura pada Maret 2025. Langkah ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan perbankan Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Singapura, dengan menawarkan layanan eksklusif bagi accredited investor, termasuk akses ke berbagai peluang diversifikasi investasi, seperti reksa dana global.
Di dalam negeri, BNI memperbarui BNI Emerald Center dengan desain dan konsep baru yang lebih modern dan nyaman. Fasilitas ini dilengkapi dengan ruang private advisory, lounge yang luas, dan ruang meeting yang nyaman, yang dirancang untuk meningkatkan kualitas layanan kepada nasabah premium.
BNI juga fokus pada pengembangan nasabah potensial dengan AUM antara Rp500 juta hingga Rp1 miliar untuk di-upgrade menjadi nasabah Emerald. Melalui pendekatan yang disesuaikan dengan minat dan gaya hidup, seperti olahraga, musik, kewirausahaan, dan pendidikan, BNI berupaya memperkuat basis nasabah diantaranya next generation.
“Kami menargetkan pertumbuhan yang agresif tahun ini sejalan dengan rencana ekspansi bisnis yang telah ditetapkan oleh perusahaan,” ujar Steven. ■