Pengguna e-commerce makin dimanjakan dengan layanan insurtech yang terintegrasi

- 11 Agustus 2023 - 17:58

digitalbank.id – Dewasa ini, akses masyarakat untuk perlindungan dari berbagai macam asuransi makin luas dan mudah didapat dengan hadirnya insurance technology (insurtech) di Indonesia. Insurtech sendiri merupakan kolaborasi antara produk asuransi dan teknologi digital supaya bisa lebih mudah dijangkau serta memberi pengalaman yang lebih baik ke para nasabahnya. 

Bahkan, insurtech saat ini juga sudah terintegrasi dengan berbagai platform e-commerce lewat beragam manfaat perlindungan yang ditawarkan.

Pelanggan e-commerce bisa dengan mudah memanfaatkan layanan asuransi yang tersedia untuk melindungi barang belanjaan mereka dari kerugiaan atau kejadian tak terduga. Proses klaimnya praktis dan menawarkan biaya polis yang terjangkau. Selain itu, ragam asuransi untuk proteksi barang belanjaan di e-commerce pun juga dapat disesuaikan dengan produk yang dibeli.

Dirangkum dari Sikapiuangmu.ojk.go.id, layanan produk asuransi di e-commerce memiliki fungsi yang memberikan kenyamanan bagi pelanggan dengan jaminan harga terjangkau. Di antaranya seperti, layanan Asuransi Tanggung Gugat, sebagai bentuk pencegahan potensi kerugian jika barang yang dibeli/diterima tidak sesuai dengan deskripsi produk. Selanjutnya, Asuransi Kualitas Barang yang berfungsi mengurangi potensi kerugian akibat kerusakan atau kehilangan barang, dan Asuransi Gadget & Elektronik, dengan perlindungan barang jika terjadi kerusakan fisik dengan layanan perbaikan. 

“Layanan asuransi pada e-commerce sebagai bentuk langkah preventif agar pelanggan tidak mengalami kerugian saat berbelanja barang yang diinginkan. Pelanggan bisa berbelanja secara online dengan nyaman karena sekaligus mendapatkan perlindungan yang dibutuhkan melalui transaksi satu pintu. Dengan memilih perlindungan asuransi yang tepat saat berbelanja, pelanggan bisa mendapatkan proteksi berdasarkan cakupan polis yang berlaku dari hal – hal yang tak terduga,” kata VP of Insurance Cermati Protect, Juanri.

Pelanggan e-commerce bisa mendapatkan beragam manfaat saat memilih perlindungan asuransi untuk barang belanjaan mereka. Adapun jenis manfaat tersebut bisa didapat dari layanan produk Asuransi Tanggung Gugat, Asuransi Kualitas Barang, serta Asuransi Gadget & Elektronik, dengan penawaran perlindungan yang spesifik untuk memberikan kenyamanan saat berbelanja. Berikut penjelasannya;

  1. Asuransi Tanggung Gugat memberikan perlindungan atas kelalaian atau kesalahan secara hukum yang merugikan pelanggan akibat dari jasa/produk yang ditawarkan. Kerugian umumnya terjadi pada transaksi pembelian produk makanan, kecantikan, perawatan, dan medis yang bisa menimbulkan keracunan, penyakit atau kerugian lainnya setelah digunakan. 

Pelanggan bisa mengklaim asuransi tanggung gugat ini dengan melampirkan bukti pernyataan dokter, biaya pengobatan, dan bukti kerugian setelah produk digunakan. Selanjutnya, pelanggan akan menerima ganti rugi atas kerugian yang dialami dari pemakaian produk tersebut berdasarkan ketentuan polis yang berlaku.

  1. Asuransi Kualitas Barang sering kali diabaikan sebelum check out barang belanja di e-commerce, padahal asuransi ini dapat memberikan perlindungan jika produk yang dibeli mengalami risiko kerusakan total atau kehilangan. Selanjutnya, pelanggan bisa mengklaim ganti rugi atau pengembalian dana secara penuh berdasarkan masa berlaku klaim yang tercantum dalam ketentuan polis (umumnya 6 – 12 bulan).

Manfaat asuransi ini juga umumnya berlaku untuk semua kategori produk, sehingga dapat dijadikan pilihan bagi pelanggan yang menginginkan jaminan perlindungan pada setiap barang belanjaan yang dibeli. 

  1. Asuransi Gadget & Elektronik bisa menjadi pilihan perlindungan yang wajib bagi pelanggan yang gemar membeli berbagai produk elektronik lewat e-commerce. Mengingat akan selalu ada kemungkinan risiko kerusakan fisik atau komponen produk yang tidak berfungsi, asuransi ini dapat memberikan perlindungan secara komprehensif terhadap barang-barang elektronik atau gadget yang dibeli. Mulai dari ganti rugi atas kerusakan fisik, pencurian, kehilangan barang, serta biaya perbaikan barang (servis) termasuk dengan biaya suku cadang ketika dibutuhkan.

Manfaat Integrasi Asuransi bagi E-Commerce

Layanan asuransi untuk perusahaan e-commerce saat ini cukup mudah didapatkan melalui proses integrasi bersama layanan insurtech yang menawarkan beragam perlindungan untuk memastikan pengalaman terbaik bagi pelanggan. 

Manfaat integrasi ini tidak hanya dapat dirasakan pengguna e-commerce sebagai pelanggan, tetapi juga bagi perusahaan. Dengan menyediakan layanan asuransi untuk pengalaman berbelanja, perusahaan e-commerce juga dapat memperkuat brand mereka, memberikan nilai tambahan, dan pengalaman positif kepada pelanggan lewat proteksi yang ditawarkan ketika berbelanja.

Disamping integrasi yang terbangun antara insurtech dan e-commerce, cukup dengan satu kali klik saja, pelanggan bisa dengan mudah mendapatkan perlindungan atas barang belanjaan yang dibeli dengan biaya polis asuransi yang kompetitif.

Kemudahan integrasi asuransi e-commerce tersebut untuk perusahaan bisa didapatkan dengan mengakses protect.cermati.com/asuransi-ecommerce/ sebagai salah satu layanan Cermati Protect atau PT Fokus Solusi Proteksi, sebuah pialang asuransi berlisensi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang dapat membantu platform berbelanja online meningkatkan tingkat servis serta  kepuasan berbelanja bagi pelanggannya. Dengan kemudahan tersebut, perusahaan insurtech maupun platform e-commerce bisa ikut berkontribusi dalam mendukung inklusi keuangan di Indonesia melalui salah satu sektor jasa keuangan yakni perasuransian. 

Selain layanan Asuransi e-commerce, Cermati Protect juga mendukung perlindungan untuk Asuransi Pengiriman, Asuransi Perjalanan, Asuransi Kesehatan Karyawan, Asuransi Mobil, dan Asuransi Jiwa & Kesehatan. ■

Comments are closed.